Digital Marketing Strategies in Improving the Performance of SMEs in Semarang City with Viral Marketing as a Connecting Bridge
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi digital marketing dapat meningkatkan kinerja UMKM di Kota Semarang dengan menggunakan viral marketing. Penelitian ini berfokus pada industri makanan dan minuman, dengan 40 responden dari UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Dengan menggunakan software SPSS, data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui hubungan antara penggunaan strategi digital marketing dan kinerja UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi viral marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap visibilitas dan penjualan produk UMKM di industri makanan dan minuman. Viral marketing memiliki potensi untuk meningkatkan jangkauan pasar dan meningkatkan interaksi konsumen dengan merek. Penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat untuk pengembangan strategi pemasaran digital dalam konteks UMKM di Kota Semarang dan menunjukkan betapa pentingnya bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform digital secara kreatif dan efektif dalam merancang kampanye viral untuk meningkatkan daya saing dan kinerja usaha mereka.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Arfah, S. A. Firdaus, Nurhayati, Haerudin (2024). The Role of Organizational Culture as a Mediating Variable on Employee Performance in the MSME Business World in Semarang City. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 20(3), 501-510.
Astono, A. D., Nurhayati, Firdaus, Z., & Abdullah, Z. B. (2024). Account for the role of digital literacy and behavior intention on electronic payment and its impact on customer satisfaction. Communications on Applied Nonlinear Analysis, 32(3), 605-617. https://doi.org/10.52783/cana.v32.2072
Fajrin, N. D. A., Firdaus, F., Huda, M. S., Akbar, D. M., Jumai, J., Pratama, F. A., & Sabrina, S. V. A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Ketepatan Waktu Pengiriman sebagai Variabel Moderasi pada PT JNE Express Cabang Karangawen. Jurnal Manajemen Bisnis Era Digital, 1(2), 12-21.
Firdaus, F. (2020). Improvement Of Marketing Performance Based On Product Innovativeness. Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna, 2(1), 102-110.
Firdaus, F., Jatmiko, M. R., & Nurrahmah, W. O. S. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk Dimasa Pandemi Covid 19 Berbasis Social Media Pada UMKM Tahu Bakso Berkah Wijaya Di Batur Sari, Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 122-127.
Firdaus, F., Martini, M., Sulistiyaningsih, S., & Effendi, M. (2023, December). The Role Of Consumer Trust As An Intervening Variable In Purchasing Decisions In Lazada E-Commerce: A Study Of Indonesian Society. In International Conference On Digital Advanced Tourism Management And Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 555-567).
Firdaus, L. F. J. S. E.(2020). Marketing Performance Berbasis Product Innovativeness dan Islamic Differentiation Advantage.
Haqq, Z. N., Nurhayati, N., Sharom, N. Q., & Ismail, F. L. M. (2021). Linking perceived supervisory support and self-efficacy for change to individual readiness for change. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2), 392-404.
Iriyanto, S., Nurhayati, N., Suharnomo, S., & Raharjo, S. T. (2019). The effect of strategic orientation on the competitive advantage and business performance: A case of batik SMEs.
Iriyanto, S., Nurhayati, Raharjo, S.T., Mawardi, W., & Ali, M. (2020). Analysis of Advantage Competitive Factors and the Impaction Improving Business Performance of SME in Central Java.
Jatmiko, M. R. (2022). The Impact of Viral Marketing and Destination Image on Visiting Intentions to Semarang City During The Covid-19 Pandemic. Neo Journal of economy and social humanities, 1(2), 85-96.
Lelani, S., Haqq, Z. N., & Firdaus, F. (2024). Impact of Techno Overload, Work Performance and Work Engagement as Intervening Variables in Semarang City SMEs. Jurnal Manajerial, 11(03), 420-435.
Nofikasari, N., Nurhayati, N., & Firdaus, F. (2024). Strategy for Increasing E-WOM-Based Purchasing Decisions on Wardah Products in Indonesia. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 5(4), 4053–4066. https://doi.org/10.37385/ijedr.v5i4.6456
Nurhayati, N., & Astono, A. D. (2024). The Mediating Role of Digital Transformation in the Effect of Dynamic Capabilities on Business Resilience. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 15(1), 41-54.
Riswandi, N. R., Firdaus, F., Nurhayati, N., & Syafaq, S. A. . (2024). Contribution of Assurance and Responsiveness to Purchase Decisions: The Significance of Relationship Quality as an Intervening Variable. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 5(4), 3901–3916. https://doi.org/10.37385/ijedr.v5i4.6311
Sucipto, A. (2023). Kajian Tata Kelola UMKM Kabupaten Purworejo Menuju Daya Saing Internasional. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 8(2), 29-36.