The Influence of Policies With Islamic Norms And Travel Safety On The Interest Of Visiting Muslim Tourists In Halal Tourism Destinations In Indonesia Post Pandemi Covid 19

Isi Artikel Utama

Firdaus Firdaus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang dapat membuat wisatawan muslim Indonesia berminat mengunjungi destinasi wisata medis di Indonesia setelah pandemic covid 19. Dalam penelitian ini menggunakan dua variable bebas dalam mendukung minat kunjung wisatawan muslim di Indonesia yakni kesesuaian kebijakan dengan norma islam dan keamanan dalam perjalanan. Metodologi survei digunakan untuk mengumpulkan data. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan muslim Indonesia yang berjumlah 145 responden. Untuk memperjelas hubungan antara kesesuaian kebijakan dengan norma islam dan keamanan dalam perjalanan dengan minat kunjung wisatawan muslim tinjauan literatur kualitatif telah dilakukan. Ulasan ini telah mengungkapkan satu model struktural menghadirkan interaksi yang mungkin antara konstruk diamati. Confirmatory factor analisis telah digunakan untuk evaluasi model pengukuran yang diusulkan sementara pemodelan persamaan struktural telah digunakan untuk model structural penilaian dan pengujian hipotesis. Kesesuaian kebijakan dengan norma islam yang digunakan oleh penyedia jasa destinasi wisata di Indonesia terbukti dapat meningkatkan minat kunjung wisatawan muslim terhadap suatu destinasi wisata halal. Hal tersebut juga terjadi pada keamanan dalam perjalanan, artinya semakin keamanan itu terjamin keamanannya, maka minat kunjung wisatawan juga semakin meningkat. Dari uji statistika yang dilakukan ditemukan bahwa kesesuaian kebijakan dnegan norma islam lebih dominan mempengaruhi minat kunjung wisatawan muslim dibandingkan keamanan dalam perjalanan dalam penelitian ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Firdaus, F. (2023). The Influence of Policies With Islamic Norms And Travel Safety On The Interest Of Visiting Muslim Tourists In Halal Tourism Destinations In Indonesia Post Pandemi Covid 19. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 5(1), 513–531. Diambil dari https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/74
Bagian
Artikel

Referensi

A.J. Muljadi, (2009). Kepariwisataan Dan Perjalanan. Jakarta. Penerbit: PT Rajagrafindo Persada

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Augusty Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro

Basiya, R., & Rozak, H. A. (2012). Kualitas Dayatarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2).

Çapar, H., & Aslan, Ö. (2020). Factors Affecting Destination Choice In Medical Tourism. International Journal Of Travel Medicine And Global Health, 8(2), 80-88.

Çapar, H., & Aslan, Ö. (2020). Factors Affecting Destination Choice In Medical Tourism. International Journal Of Travel Medicine And Global Health, 8(2), 80-88.

Chaulagain, S., Wiitala, J., & Fu, X. (2019). The Impact Of Country Image And Destination Image On US Tourists’ Travel Intention. Journal Of Destination Marketing & Management, 12, 1-11.

Chen, H., & Rahman, I. (2018). Cultural Tourism: An Analysis Of Engagement, Cultural Contact, Memorable Tourism Experience And Destination Loyalty. Tourism Management Perspectives, 26, 153-163.

Chua, B. L., Al-Ansi, A., Lee, M. J., & Han, H. (2021). Impact Of Health Risk Perception On Avoidance Of International Travel In The Wake Of A Pandemic. Current Issues In Tourism, 24(7), 985-1002.

El-Gohary, H. (2016). Halal Tourism, Is It Really Halal?. Tourism Management Perspectives, 19, 124-130.

Friedrich, M. C., & Heise, E. (2019). Does The Use Of Gender-Fair Language Influence The Comprehensibility Of Texts?. Swiss Journal Of Psychology.

Hosen, M., Ogbeibu, S., Giridharan, B., Cham, T. H., Lim, W. M., & Paul, J. (2021). Individual Motivation And Social Media Influence On Student Knowledge Sharing And Learning Performance: Evidence From An Emerging Economy. Computers & Education, 172, 104262.

Https://Www.Bps.Go.Id/Pressrelease/2022/11/07/1914/Ekonomi-Indonesia-Triwulan-Iii-2022-Tumbuh-5-72-Persen--Y-On-Y-.Html

Hua, W., Chan, A., & Mao, Z. (2009). Critical Success Factors And Customer Expectation In Budget Hotel Segment—A Case Study Of China. Journal Of Quality Assurance In Hospitality & Tourism, 10(1), 59-74.

Kementrian Pariwisata. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No. 10. Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Khan, S. A. R., Yu, Z., Belhadi, A., & Mardani, A. (2020). Investigating The Effects Of Renewable Energy On International Trade And Environmental Quality. Journal Of Environmental Management, 272, 111089.

Kotler, P., Keller, K. L., Ancarani, F., & Costabile, M. (2014). Marketing Management 14/E. Pearson.

Mohsin, A., Ramli, N., & Alkhulayfi, B. A. (2016). Halal Tourism: Emerging Opportunities. Tourism Management Perspectives, 19, 137-143.

Mokhlis, S. (2009). Relevancy And Measurement Of Religiosity In Consumer Behavior Research. International Business Research, 2(3), 75-84.

Onaran, M., Yilmaz, A., Sen, I., Ergun, M. A., Camtosun, A., Kupeli, B., ... & Bozkirli, I. (2018). 2141 A Hind Iii Polymorphism Of Fibronectin Gene Is Associated With Nephrolithiasis. Journal Of Urology, 200(3), E857-E857.

Permana, B. N. (2018). Konflik Dalam Kebijakan Reklamasi Teluk Utara Jakarta Pada Masa Pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Periode (2015-2017) (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah).

Priyatma, P. W., & Muhibbin, A. (2013). Obyek Wisata Religius Makam Raden Ngabehi Yosodipuro Desa Pengging Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahman, M. K., Zailani, S., & Musa, G. (2017). What Travel Motivational Factors Influence Muslim Tourists Towards MMITD?. Journal Of Islamic Marketing.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.

Sönmez, S. F., & Graefe, A. R. (1998). Determining Future Travel Behavior From Past Travel Experience And Perceptions Of Risk And Safety. Journal Of Travel Research, 37(2), 171-177.

Sönmez, S. F., & Graefe, A. R. (1998). Influence Of Terrorism Risk On Foreign Tourism Decisions. Annals Of Tourism Research, 25(1), 112-144.

Sugiarto, A., & Mahagangga, I. G. A. O. (2020). Kendala Pengembangan Pariwisata Di Destinasi Pariwisata Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus Komponen Produk Pariwisata). Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 18-25.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Surya, B., Hernita, H., Salim, A., Suriani, S., Perwira, I., Yulia, Y., ... & Yunus, K. (2022). Travel-Business Stagnation And SME Business Turbulence In The Tourism Sector In The Era Of The COVID-19 Pandemic. Sustainability, 14(4), 2380.

Tanggara, A., Stanley, M., & Thio, S. (2020). Pengaruh Attitude, Suubjective Norm Dan Perceived Behavior Control Terhadap Minat Berwisata Medis Ke Malaysia Bagi Masyarakat Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 8(2).

Waluya, B. (2007). Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial Di Masyarakat. PT Grafindo Media Pratama.