ANALISIS PENGARUH CITRA LEMBAGA, KEPERCAYAAN TERHADAP LEMBAGA DAN KEPUASAN TERHADAP KOMITMEN RELATIONAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Untuk perusahaan jasa, komitmen hubungan sangat penting untuk kesuksesan hubungan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh citra, kepercayaan, kepuasan mahasiswa terhadap komitmen relasional siswa/i di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 300 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling sensus. Ada beberapa temuan dari penelitian ini: (1) hipotesis pertama diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara citra terhadap komitmen relasional siswa; (2) hipotesis kedua diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kepercayaan terhadap komitmen relasional siswa; (3) hipotesis ketiga diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kepuasan terhadap komitmen relasional siswa.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Bielecki, Andre; Albers Sonke; dan Mantrala Murali, (2012), “Sales person efficiency benchmarking using sales response data,” Department of Innovation. Vol 2, pp. 2356
Crosby, Evans, dan Cowlws. (1990). Relaltionship Quality in service Selling : an Interpersonal Influence Persespective, Journal of Marketing, 54: pp.68-81.
Dwyer, RF, Schurr, P.H and Oh, S, 1987, “Examining The Role of Service Satisfaction” Jurnal of Manajemen Issues, Vol X Number2, Hal 240-255
Fornell Claes, Johson D Michael, Anderson W. Eugene, Cha Jaesung and Bryant, Everitt Barbara (1996), “The American Consumer Satisfaction Index: Nature, Purpose and Finding”, Journal of Marketing, Vol (Oktober) pp.7-18
Kotler, Ph.& Keller, K.L., 2012. Marketing Management. 14 th ed. (Global). Harlow, Essex, UK: Pearson Education.
Purwandani, Marina (2005). ”Analisis Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Pelanggan KA Argomuria”
Kohli, Ajay K, Tasadduq Shervani, and Goutam N, Challagalla, 1998. Learning and Performance Orientation of Salespeople: The Role of Supervisor. Journal of Marketing Research, Vol. 35 (May),p.267-274
Morgan, RM and Hunt, SD. (1994), “The Commitment-trust Theory of Realtion Ship Marketing “, Journal of Marketing Vol.58, pp.20-38.
Seong Kok Kim dan Ji Sook Hong, (2005), “The relationship between salesperson competencies and performance in the Korean pharmaceautical industry,” Management Revue.Vol 2, pp. 1-32
Moorman, Christin, Gerald Zaltman and Rohit Despande (1993) “Relationships Between Provider and Users of Market Reseat: The Dinamics of Trust Within and between Organizations”, Journal of Marketing Research, Vol XXXIX, 314-28.
Sujan, Harish, Barton A. Weitz, dan Nirmalya Kumar, (1994), “Learning Orientation, Working Smart, and Efective Selling”, Journal of Marketing, Vol.58, July, 39-52