THE IMPACT OF PRICE PERCEPTION, PRODUCT QUALITY ON POSITIVE WORD OF MOUTH

Main Article Content

Firdaus Firdaus
Any Setyarini
Pradipta Risma Rukma Ardi
kukuh Mulyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan keterkaitan variabel persepsi harga dan kualitas produk terhadap positive word of mouth pada apotek sehat di Kendal. dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dengan skala 1-10 serta pengambilan sampel dengan menggunakan sensus dengan jumlah sampel 100 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan program SPSS versi 23.


Hasil pengujian statistik diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat keterkaitan yang positif dan signifikan antara persepsi harga terhadap positive word of mouth, (2) terdapat keterkaitan yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap positive word of mouth, yang artinya semakin baik persepsi harga obat di apotek sehat kendal yang dilakukan oleh konsumen maka akan semakin tinggi positive word of mouth, begitupula dengan hubungan kualitas produk terhadap positive word of mouth, semakin baik kualitas produk maka semakin tinggi positive word of mouth yang dilakukan oleh konsumen apotek sehat kendal. Sebaliknya, semakin buruk persepsi harga dan kualitas produk dari konsumen maka akan semakin rendah positive word of mouth yang dilakukan oleh konsumen

Article Details

How to Cite
Firdaus, F., Setyarini, A., Risma Rukma Ardi, P., & Mulyanto, kukuh. (2022). THE IMPACT OF PRICE PERCEPTION, PRODUCT QUALITY ON POSITIVE WORD OF MOUTH . Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 4(1), 241–254. Retrieved from https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/45
Section
Artikel

References

Ali Asadi; Javad Khazaei Pool; Mohammad Reza Jalilvand. (2014) The effect of perceived price fairness through satisfaction and loyalty on international tourists’ price acceptance of Islamic-Iranian art products, Education, Business and Society. Contemporary Middle Eastern Issues, 7(4), 201-215

Anderson David, R., Sweeney David, J dan Williams Thomas, A. (2006). Statistics for business and economics. South Western. Natorp Boulevard. USA.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Babin, Barry J, et al. (2005). “Modelling Consumer Satisfaction and Word-of- Mouth: Restaurant Patronage in Korea”. The Journal of Services Marketing; 19,3. ABI/INFORM Global

Bolang, E. H., Mananeke, L., & Lintong, D. C. A. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Lokasi Dan Harga Tiket Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Makatete Hill’S Desa Warembungan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).

Brown, et al. (2005). ”Spreading The Words : Investigating Antecedents of Customer’s Positive Word of Mouth Intention And Behavior in Retailing Context”. Academy of Marketing Science Journals, Vol.33, no 2, 123-138.

C. Mowen, John dan Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Eka Ayu Savitri Zakiyah Zahara (2016). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Repurchase Intention Melalui Electronic Word Of Mouth Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol. 2, No. 3, September 2016, 241-250 ISSN : 2443-3578 (On Line)/ISSN : 2443-1850 (Print) 241.

Fajar, Laksana, (2008), Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ferdinan, C. E., & Nugraheni, R. (2012). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki. Diponegoro Journal Of Manajemen, 2(2337-3792),1.

Firdaus, F. (2020). Marketing Performance Berbasis Product Innovativeness dan Islamic Differentiation Advantage. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 42-66.

Firdaus, F., & Mulyanto, K. (2020). Strategy Creating Positive Word of Mouth Based On Relationship Quality. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 11(3), 284-299.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Harjadi, Didik dan Fatmasari, Dewi. (2008). WOM Communication sebagai Alternatif Kreatif dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal Vol 4, No 8, 72-78.

Harsasi, Meirani. (2006). Word of Mouth dalam Industri Jasa Kaitannya dengan Sikap dan Kemungkianan Membeli. Jurnal Bisnis Strategis. Vol 15 No.1 ha131-41

Hasan, Ali. (2016). Manajemen Pemasaran dan Marketing.Bandung: Alfabeta.

Hermawan Kertajaya. (2007). Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hestin Diah, M Naely Azhad, dan Budi Santoso. (2017). Pengaruh Experiental Marketing, Kepuasan dan Kualitas Produk Terhadap Positive Word Of Mouth Pada Kedai Ayam Kremes Mas Boy Jember.

Irwanto, Agus dan Fatchur Rahman. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, dan Pengaruhnya pada terbentuknya Word of Mouth di Perumahan Madani Group jabodetabek. Jurnal Aplikasi Manajemen 11 (1):111.

Isabelle Goyette; Line Ricard; Jasmin Bergeron; François Marticotte. (2010). e‐WOM Scale: Word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne des Sciences de l'Administration, 27(1), 5-23.

Klement Podnar dan Pina Javernik. (2012). The Effect of Word of Mouth on Consumers’ Attitudes Toward Products and Their Purchase Probability. Journal of Promotion Management. 18:145–168, LLC ISSN: 1049-6491 print / 1540-7594 online DOI:10.1080/10496491.2012.668426

Kotler, P., dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke-12. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jilid satu. Jakarta: Erlangga.

Kumar, V. J.Petersen, Andrew. P.Leone, Robert. (2002) .How Valuable is Word Of Mouth.: www.hbrreprints.org

Lestari A., Anik, (2013). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Word of Mouth Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Timezone Surabaya

Mahestu Noviandra, (2005), “Analisis Pengaruh Model Iklan Terhadap Perilaku Pembelian Remaja, Kasus Pada Bintang Akademi Fantasi Indosiar”.

Mulyadi, (2013). Sistem Akuntansi manajemen,Edisi Ketiga, Cetakan Keempat, Salemba Empat, Jakarta.

Nasirudin Mochammad, Diah Yulisetiarani, dan Imam Suroso (2014). Pengaruh Kualitas, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Word Of Mouth Perusahaan Conato di Jember.

Nyoman Surya Wijaya, Syahnur Said Dan Nengah Landra (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Harga (Biaya Pendidikan) Terhadap Word Of Mouth Melalui Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Lpk Sekolah Perhotelan Bali) Vol. 6 No. 2, Januari - Juni 2016 ISSN 2087 – 5576 Jurnal Ilmiah Hospitality Management 101

Paula Dinar Widya Pranastiti (2012). Hubungan Antara Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Dengan Word of Mouth Communication Pada Mahasiswa Pengguna Blackberry di Universitas Surabaya

Peter, J. Paul an Jerry C Olson. (2000). Consumer behavior: Peilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Pohan, Muhammad Yasir Arafat.(2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Komunikasi Word Of Mouth Positif Pada Kdai Wak Edoy Malang.

Prasetijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ihalauw. (2005). Perilaku Konsumen. Edisi pertama. Yogyakarta: Andi.

Puspasari, Anita. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Positive Word Of Mouth Melalui Kepuasan Pelanggan.

Ratna, Dwi (2013). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Presepsi Harga dan WordOf Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian Mebel pada CV. Megajaya Mebel Semarang”. Universitas Diponegoro.

Rusadi, Yuniar Ayu dan Sujito. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan terhadap WOM Positif dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah USM 2 (6): 33-48.

Sernovitz, Andy. (2012). Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sholihati, Dian. (2009). Jurus Sukses Menggelar WOM. www.swa.co.id

Silviana,Melina Melone. (2011). The Power of Word of Mouth. Marketing.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sumardy. (2011). The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta : Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Swastha, Basu dan Irawan (2000). “Manajemen Pemasaran Modern”, Edisi Ke 2, Cetakan Ke 4, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta: Andi.

Widyastuti dan Erfian. (2012). “Quality of Service and Emotion on the Word of Mouth with Customer Satisfaction as the Intervening Variable”. Global Network Journal 5 (2): 338-359. www.pln.co.id.

Yuliani Euis Nina Saparina, Ajeng Yeni Setianingrum, dan Adi Abimanyu. (2017). Analisis Pola Hubungan Antara Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pendukung Terhadap Positive Word Of Mouth.

Yulius, Jatmiko. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Inti dan Tambahan terhadap Positif Word of Mouth di SMU Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen 13 (1): 77-84.

Yuniarti Fihartini (2015). Pengaruh Promosi Dan Electronic Word-Of-Mouth Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bandar Lampung. Volume 11 No. 1, Januari 2015

Most read articles by the same author(s)