PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2020)
Isi Artikel Utama
Abstrak
The research is intended to determinate the effect of size, profitability, and disclosure corporate social responsibility on firm value in manufacturing companies which listed on the Indonesia Stock Exchange 2016 - 2020. Independent variables of this research is size, profitability, and disclosure corporate social responsibility. Dependent variable of this research is firm value.
The population of this research is manufacturing companies which listed on Indonesia Stock Exchange in the period 2016 – 2020 based on chosen sampling criteria of the population, it draws 41 companies.type of data is secondary data carried by documentary method which conducted by accessin website www.idx.co.id.
Result of this research that company size no effect on firm value, profitability positive effect on firm value (ROA), and disclosure corporate social responsibility no effect on firm value
Keywords : company size, profitability, and disclosure corporate social responsibility
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Agustina, Silvia, ( 2013), Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate
Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada
Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia), Skripsi.
Universitas Negeri Padang, Padang (tidak dipublikasikan)
Agustine, Ira, ( 2014), Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai
Perusahaan. FINESTA, Vol. 2, No. 1, (2014) 42-47.
Brigham, E.F., dan J. Houston, (2001), Manajemen Keuangan. Penerjemah
Hermawan Wibowo, Edisi Kedelapan, Edisi Indonesia, Buku II. Erlangga,
Jakarta.
Brigham, Eugene F, dan Joel F. Houston, (2009), Dasar-dasar Manajemen
Keuangan, Buku Satu, Edisi Kesepuluh, Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto.
Salemba Empat, Jakarta.
Ghozali, Imam, (2006), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi
Ke 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, Imam, (2016), Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Untuk
Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Yoga Pratama. Semarang.
Lifessy, Martalina, (2011), “Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap
Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Sebagai Variabel Moderasi.”Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta.
Made, Dewa Bagus Umbara & I Ketut Suryanawa, ( 2014), Pengaruh
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Vol.9
No.2
Martono dan Agus Harjito ,(2005), Manajemen Keuangan, Yogyakarta
Priyadi, (2016), “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan
terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial”, Jurnal Ilmu dan Riset
Akuntansi : Volume 5, Nomor 10, Oktober 2016
Priyadi, (2016), “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan
terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial”. Jurnal Ilmu dan Riset
Akuntansi : Volume 5,Nomor 10 Oktober 2016
Puspaningsih, ( 2013), “ pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan,
Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. JAAI.
Vol. 17, No. 2 Desember 2013
Reverte, C. (2009), Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure
Ratings by Spanish Listed Firms. Journal of Business Ethies, 88, pp : 351-366
Setyaningrum, Dyah, ( 2013), Pengaruh Corporate Governance dan kepemilikan
Keluarga terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur
Yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2011), Universitas Indonesia Library, hal.
-20.
Sudiarta, (2016), “ Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profiabilitas
Terhadap Nilai Perusahaan”, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016
Sugiarti, Chuzaimah, Wahyudi, (2016), “ (Pengaruh Ukuran Perusahaan,
Profitabilitas, Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Penggunaan Indeks LQ 45 Periode 2010 – 2014),
Universitas Muhammadiyah Surakarta, Volume 1, Nomor 2, Desember 2016
Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,
dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, (2013), “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan
”.Alfabeta,Bandung.
Sujoko dan Soebiantoro, Ugy (2007), Pengaruh Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor
Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ekonomi
Manajemen dan Kewirausahaan Petra, Vol 9. No. 1, Maret Hal. 41-48
Torong, (2015), “ Analisis Pengaruh CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan
terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Go Public di
Indonesia, Malaysia dan Singapura”, Universitas Sumatra Utara.
Zubir, (2017), “Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Volatilitas Pendapatan, dan
Resiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Hutang sebagai
Variabel Moderating pada Saham JII di Bursa Efek Indonesia”. AJIE - Asian
Journal of Innovation and Entrepreneurship. Vol. 02, No. 01, January 2017