PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2020)

Main Article Content

Sri Kawuri

Abstract

The research is intended to determinate the effect of size, profitability, and disclosure corporate social responsibility on firm value in manufacturing companies which listed on the Indonesia Stock Exchange 2016 - 2020. Independent variables of this research is size, profitability, and disclosure corporate social responsibility. Dependent variable of this research is firm value.


The population of this research is manufacturing companies which listed on Indonesia Stock Exchange in the period 2016 – 2020 based on chosen sampling criteria of the population, it draws 41 companies.type of data is secondary data carried by documentary method which conducted by accessin website  www.idx.co.id.


Result of this research that company size no effect on firm value, profitability positive effect on firm value (ROA), and disclosure corporate social responsibility no effect on firm value


Keywords  :  company  size,  profitability,  and      disclosure  corporate  social responsibility

Article Details

How to Cite
Kawuri, S. . (2021). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2020). Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(2), 256–269. https://doi.org/10.0593/jae.v3i2.36
Section
Artikel

References

Agustina, Silvia, ( 2013), Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate

Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada

Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia), Skripsi.

Universitas Negeri Padang, Padang (tidak dipublikasikan)

Agustine, Ira, ( 2014), Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai

Perusahaan. FINESTA, Vol. 2, No. 1, (2014) 42-47.

Brigham, E.F., dan J. Houston, (2001), Manajemen Keuangan. Penerjemah

Hermawan Wibowo, Edisi Kedelapan, Edisi Indonesia, Buku II. Erlangga,

Jakarta.

Brigham, Eugene F, dan Joel F. Houston, (2009), Dasar-dasar Manajemen

Keuangan, Buku Satu, Edisi Kesepuluh, Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto.

Salemba Empat, Jakarta.

Ghozali, Imam, (2006), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi

Ke 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam, (2016), Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Untuk

Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Yoga Pratama. Semarang.

Lifessy, Martalina, (2011), “Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap

Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Sebagai Variabel Moderasi.”Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas

Muhammadiyah Yogyakarta.

Made, Dewa Bagus Umbara & I Ketut Suryanawa, ( 2014), Pengaruh

Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Vol.9

No.2

Martono dan Agus Harjito ,(2005), Manajemen Keuangan, Yogyakarta

Priyadi, (2016), “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan

terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial”, Jurnal Ilmu dan Riset

Akuntansi : Volume 5, Nomor 10, Oktober 2016

Priyadi, (2016), “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan

terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial”. Jurnal Ilmu dan Riset

Akuntansi : Volume 5,Nomor 10 Oktober 2016

Puspaningsih, ( 2013), “ pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan,

Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. JAAI.

Vol. 17, No. 2 Desember 2013

Reverte, C. (2009), Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure

Ratings by Spanish Listed Firms. Journal of Business Ethies, 88, pp : 351-366

Setyaningrum, Dyah, ( 2013), Pengaruh Corporate Governance dan kepemilikan

Keluarga terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur

Yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2011), Universitas Indonesia Library, hal.

-20.

Sudiarta, (2016), “ Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profiabilitas

Terhadap Nilai Perusahaan”, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016

Sugiarti, Chuzaimah, Wahyudi, (2016), “ (Pengaruh Ukuran Perusahaan,

Profitabilitas, Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Penggunaan Indeks LQ 45 Periode 2010 – 2014),

Universitas Muhammadiyah Surakarta, Volume 1, Nomor 2, Desember 2016

Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,

dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2013), “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan

”.Alfabeta,Bandung.

Sujoko dan Soebiantoro, Ugy (2007), Pengaruh Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor

Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ekonomi

Manajemen dan Kewirausahaan Petra, Vol 9. No. 1, Maret Hal. 41-48

Torong, (2015), “ Analisis Pengaruh CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan

terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Go Public di

Indonesia, Malaysia dan Singapura”, Universitas Sumatra Utara.

Zubir, (2017), “Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Volatilitas Pendapatan, dan

Resiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Hutang sebagai

Variabel Moderating pada Saham JII di Bursa Efek Indonesia”. AJIE - Asian

Journal of Innovation and Entrepreneurship. Vol. 02, No. 01, January 2017