PENGARUH PROMOSI PENJUALAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA COUNTER JALA KENCANA SEMARANG

Main Article Content

Nuruddin Mahmud
Fiderius Ismanto
Martini Martini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan Harga dan Kualitas pelayanan  terhadap Kepuasan Konsumen pada Counter Jala Kencana. Metode penelitian ini menggunakan pengumpulan data primer. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen  Pada  Counter Jala Kencana. Teknik pengambilan sampel  menggunakan  metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.


Hasil penelitian menunjukan bahwa  Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3,739 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0.000 <  0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.323; (2) Harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,638 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0.000 <  0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.251; (3) Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3.976 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0.000 <  0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.383.


 

Article Details

How to Cite
Mahmud, N., Ismanto, F., & Martini, M. (2021). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA COUNTER JALA KENCANA SEMARANG. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(2), 240–255. Retrieved from https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/34
Section
Artikel

References

Agus Sulistiyono. 2006. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Andreassen, T. W., 1994, “Satisfaction, Loyalty and Reputation as Indicators of Customer Orientation in the Public Sector”

Anderson, Eugene W., Claes Fornell &Donald R. Lehmann (1994), “Customer Satisfaction, Market Share and Profitability : FindingFrom Sweden”,Journal of Marketing,Vol. 58.

Arikunto, Suharsimi. 2009. ManajemenPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Buchari Alma, 2009, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung PT. Alfabeta

Bailia, F.T.Jefry, Soegoto, dkk. 2014, Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung – Warung Makan Lamongan di Kota Menado, Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1768-1780, ISSN 2303-1174.

Barsky. J, 1992, Customer Satisfaction in the hotel industry: measurement and meaning, cornell H. R. A, Quarterly, Vol. 7. pp. 20-41.

Bowen, J. T. and Chen, S. 2001. “The Relationship between Customer Loyalty and Customer Satisfaction,” International Journal of Contemporary Hospitality Management, 13 (5):213-217.

Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. 2008. AlihBahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani. Pemasaran Dasar-Dasar :Pendekatan Manajerial Global. Buku 2.Edisi 16.Salemba Empat. Jakarta.

Cronin, J. Joseph, Jr and Steven A. Taylor, 2002, Measuring Service Quality: A Reexamination and Extention, Journal of Marketing Vol. 56, 55-58.

Djarwanto, 2000, Statistik Induktif .BPFE : Yogyakarta, Extention”, Journal of Marketing, Vol. 56.

Djaslim, Saladin, 2003, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Pelaksanaan dan Pengendalia. Linda Karya Bandung.

Duffy, J.A., &Ketchand, A.A. 1998. Examining The Role of Service Qualityin Overall Service Satisfaction, Journal of Management of Issues. Vol. X, No. 2 : 240-255.

DwiPriyatno. 2008. MandiriBelajar SPSS.MediaKom : Yogyakarta.

FandyTjiptono, 1997, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta. Andi

-------------------- 2007. Manajemen Pelayanan Jasa, Yogyakarta: Andi

------------------ 2008. StrategiPemasaran. Yogyakarta :PernetbitAndi

Ferdinand, A., (2006), Structural Equation Modeling DalamPenelitianManajemen, Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Firdaus, F. (2019). Analisis Kepuasan Nasabah Melalui Keprcayaan Nasabah, Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk (Studi Kasus Pada Kospin Jasa Cabang Weleri). Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 1(2). https://doi.org/10.0593/jae.v1i1.4

Fornell, Johnson, Anderson, Jaesung Cha dan Bryant, 1996, “The American Customer.

Fornell. C. 1992. A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience. Journal of Marketing.Vol. 56.April, Iss. I pp 6 – 21. Chicago.

Ghozali, Imam 2011. AplikasiAnalisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Bandung. YramaWidya.

Gremler, D. D., and Brown, S. W. (1996). Service Loyalty; It’s nature, Importance, and Implications. In Edvardsson, B., Brown, S.W., Johnston, R., and Scheuing, E. (Eds.), QUISV: Advancing Service Quality: A Global Perspective, ISQA, New York, NY

Griffin, J., 2003. Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Griffin, J.,1996, Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose, and Findings”, Journal of Marketing, October, Vol 60, p.7-18..

Gulla, R., Oroh, S.G. &Roring, F. (2015).AnalisisHarga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Manado Grace INN. Jurnal EMBA, 3(1), 1313-1322.

Gronroos, C. (1988), “The six criteria of good perceived quality service,” Review of Business, Vol.9, No.3, pp.10-13.

Hermawan Kartajaya. 2002. Hermawan KartajayaOn Marketing, Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hurley F. Robert & Estelami Hoorman, 1998, “Alternatif Indexes For Monitoring Customers.

Indriantoro, Nur&Bambang Supomo. 2002. Metodologi PenelitianBisnis. Cetakan Kedua.

Khuluq. Ahsanul, dkk. 2016. Effect Of Price, Facilities And Quality Of Service Loyalty And Satisfaction Of Visitors Visitors As Intervening Variable Gardenia In Sport Center In Semarang, Journal of Manajement Vol. 02, Maret 2016, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang.

Kotler, Philip. dan Gary Armstrong. 2004. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisike8Jilid 1. Jakarta: Erlangga

-----------------------------------------. 2008. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisike 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

--------------------------------------------. 2009. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisike 13Jilid 1. Jakarta: Erlangga

----------------------------------------- 2001 Prinsip – prinsippemasaran. Edisike15.Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K.L. 2009.ManajemenPemasaran, edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler,2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. PT Indeks Kelompok Gramedia : Jakarta.

Adare, dkk., 2014, Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3. September 2014, Hal. 1237-1245.ISSN 2303-1174.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, 2006.Manajemen Pemasaran Jasa Salemba Empat : Jakarta

-----------------------------------------, 2008, Manajemen Pemasaran Jasa ,Teori & Praktik, Penerbit Salemba Edisi Empat.

Manus, W Fanly, Lemanauw, Bode, 2015, Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Tri di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat. Jurnal EMBA. Vol. 3 No.2 Juni 2015, Hal. 695-705 ISSN 2303-1174.

Monroe, ad. al. 2005, “The Influences of Price Fairness on Customer Satisfaction: An Empirical Test in the Context of Automenile Purchases”. Journal of Prodct& Brand Management. 16/1.

Mulyanto, K. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian . Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 2(2), 158-172. Diambil dari http://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ /article/view/26

Nickels, William G, 2005.Understanding Business, McGraw-Hill,New York

Nitisemito, Alex, 2007, Marketing. Penerbit Balai Aksara, Jakarta

Nugroho. Andre, Praktino, 2003. Manajemen Pemasaran. Jilid 3.PT. Gramedia Pustaka. Jakarta

Nuriyana.Fatati, Sucipto, Putri Atica Shyntia, 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Images Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Teh Botol Sosro, Jurnal Universitas Brawijaya.

Oliver, Richard L., 1993, “Cognitive, Affective and Attribute Base of the Satisfaction Response”, journal of consumer research, p.18-30.

Pritchard, M. P., Havitz, M. E., & Howard, D. R. (1999).“Analyzing the Commitment Loyalty Link in Service Contexts”. Journal of the Academy of Marketing Science , Vol. 27 No. 3, 333-348.

Rangkuti, Freddy, 2006, Measuring Customer Satisfaction, Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama

Rositawati, dkk, 2016, Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna PT. Rosalia Indah Transport. (Survai pada Pelanggan PT. Rosalia Indah Transport di Palur Karanganyar). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16 No. 1 Maret 2016, hal. 94-101.

Ryu, K., Jang, S. 2008. DINESCAPE: a scale for customers’ perception of dining environments. Journal of Foodservice Business Research 11 (1), 2–22.

S. Margono, 2014, Metodologi Penelitian Pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Saniulto, Bahar Ari. 2015. The Effect Of Product Quality, Price And Promotion On Consumer Loyalty Helm Brand Bmc In Pemalang, Jurnal Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Schiffman, Leon G. And Kanuk, Leislie Lazar. 2000. Consumer Behavior. EdisiKetujuh. USA : Prentice – Hall, Inc.

Schiffman, Leon G.; Kanuk, Leslie Lazar.2010 Consumer Behavior, 8th. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Sekaran, Uma. 2009. “Metodologi Penelitian Untuk Bisnis”. BukuSatuEdisiKeempat. Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan)Journal of Manajement Vol. 02, Maret 2016, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang.

Sugiyono, 2014.MetodePenelitianBisnis, Bandung : CV Alvabeta

Sukotjo, H., dan Radix, S.A. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik kecantikan Teta di Surabaya, Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 1, No. 2, hal: 216-228.

Supranto, 2001 Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta,

Sheth, J. N. and B. Mittal, 2004. Customer Behavior: A Managerial Perspective. Mason, Ohio: South Western

Swastha, Basu, 2004, Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Penerbit Liberty

Tjahjaningsih, Endang, 2013, Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen Volume 28 No.2 Juli 2013. Universitas STIKUBANK Semarang

Wardani, dkk. 2016 Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Repurchase Intention (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Ntronik Lintas Nusantara Semarang) Journal of Management Vol.02 No.02 ,Maret 2016.

Zeithaml A Valarie, 1998, “Customer Perception of Price, Quality and Value: A Means- End Model and Synthesis of Evidence”, Journal of Marketing, Vol 52, pp 2-22

Zeithaml, Valarie & Mario Jo Bitner , 1996, Service Marketing, New York, McGraw Hill Companies Inc.