OPTIMALISASI JASA TRANSPORTASI ONLINE KHUSUS AKHWAT TERHADAP KESEJAHTERAAN DRIVER AKHWAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Main Article Content

Arieffan Syah
Arya Farhan

Abstract

Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat, mendorong kemudahan bagi
masyarakat untuk mencapai kebutuhan yang lebih efisien dan efektif. Saat ini
banyak ojek online yang ada di kota Medan, salah satunya Ojek Khusus Akhwat
(Perempuan).Penelitian ini membahas permasalahan optimalisasi pada usaha jasa
transportasi online khusus akhwat di kota Medan melalui aspek perspektif
ekonomi islam, mekanisme dan bagaimana peluang, ancaman, kekuatan sera
kelemahan. Metode Penelitian yang diterapkan merupakan metode penelitian
kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data di lakukan dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa system
operasional ojek khusus akhwat saat ini belum optimal, perlu ditingkatkan lagi
terutama pada pembuatan system aplikasi driver dan konsumen Ojek Khusus
Akhwat. Ojek Khusus Akhwat dengan mentargetkan pangsa pasar kepada ibu-ibu,
mahasiswi, dan anak-anak sekolah dengan cara order masih melalui via whatsapp.
Serta pendapatan yang didapatkan oleh para driver belum bisa memenuhi target
nilai UMK di kota Medan.

Article Details

How to Cite
Syah, A., & Farhan, A. (2022). OPTIMALISASI JASA TRANSPORTASI ONLINE KHUSUS AKHWAT TERHADAP KESEJAHTERAAN DRIVER AKHWAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 4(2), 461–472. Retrieved from https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/68
Section
Artikel

References

Damayanti, S. A. S. (2017). Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-Jek

Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya (Doctoral

dissertation, Universitas Airlangga).

Danu Aris Setiyanto, 1990- (pengarang). (2016). Sebuah catatan sosial tentang

ilmu, Islam, dan Indonesia / Danu Aris Setiyanto, S.Sy., M.HI..

Yogyakarta :: Deepublish,.

Jamaludin, M., Sulistianto, S. W., MI, A., MM, M., Marthalia, D., Wikansari, R.,

... & Cendikia, M. K. P. (2022). Transformasi Digital Dalam Dunia

Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Komala, B. (2018). Analisis Persepsi Agen Ekonomi Tentang Financial

Technology terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di

Indonesia (Doctoral dissertation).

Kotler & Armstrong. ( 2017 )Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Parmana, A. E., & Prihatini, A. E. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Keputusan Pengambilan Jasa Transportasi (Studi

Kasus Pada Po. Bejeu Jurusan Semarang–Jakarta). Jurnal Ilmu

Administrasi Bisnis, 6(3), 572-579.

Rosni, R. (2017). Analisis tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di desa

dahari selebar kecamatan talawi kabupaten batubara. Jurnal

Geografi, 9(1), 53-66.

Rudi Azis dan Asrul. (2014), Pengantar Sistem dan Perencanaan

Transportasi,Yogyakarta : Deepublish

Setiawan, A. B. (2018). Revolusi bisnis berbasis platform sebagai penggerak

ekonomi digital di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi:

Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 61.

Sodiq, A. (2015). Konsep kesejahteraan dalam islam. Equilibrium, 3(2), 380-405.

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M., Purba, S., Syafrizal,

S., ... & Susilawaty, A. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada

Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV

Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV

Alfabeta.