OPTIMALISASI JASA TRANSPORTASI ONLINE KHUSUS AKHWAT TERHADAP KESEJAHTERAAN DRIVER AKHWAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat, mendorong kemudahan bagi
masyarakat untuk mencapai kebutuhan yang lebih efisien dan efektif. Saat ini
banyak ojek online yang ada di kota Medan, salah satunya Ojek Khusus Akhwat
(Perempuan).Penelitian ini membahas permasalahan optimalisasi pada usaha jasa
transportasi online khusus akhwat di kota Medan melalui aspek perspektif
ekonomi islam, mekanisme dan bagaimana peluang, ancaman, kekuatan sera
kelemahan. Metode Penelitian yang diterapkan merupakan metode penelitian
kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data di lakukan dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa system
operasional ojek khusus akhwat saat ini belum optimal, perlu ditingkatkan lagi
terutama pada pembuatan system aplikasi driver dan konsumen Ojek Khusus
Akhwat. Ojek Khusus Akhwat dengan mentargetkan pangsa pasar kepada ibu-ibu,
mahasiswi, dan anak-anak sekolah dengan cara order masih melalui via whatsapp.
Serta pendapatan yang didapatkan oleh para driver belum bisa memenuhi target
nilai UMK di kota Medan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Damayanti, S. A. S. (2017). Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-Jek
Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya (Doctoral
dissertation, Universitas Airlangga).
Danu Aris Setiyanto, 1990- (pengarang). (2016). Sebuah catatan sosial tentang
ilmu, Islam, dan Indonesia / Danu Aris Setiyanto, S.Sy., M.HI..
Yogyakarta :: Deepublish,.
Jamaludin, M., Sulistianto, S. W., MI, A., MM, M., Marthalia, D., Wikansari, R.,
... & Cendikia, M. K. P. (2022). Transformasi Digital Dalam Dunia
Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.
Komala, B. (2018). Analisis Persepsi Agen Ekonomi Tentang Financial
Technology terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di
Indonesia (Doctoral dissertation).
Kotler & Armstrong. ( 2017 )Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Parmana, A. E., & Prihatini, A. E. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Keputusan Pengambilan Jasa Transportasi (Studi
Kasus Pada Po. Bejeu Jurusan Semarang–Jakarta). Jurnal Ilmu
Administrasi Bisnis, 6(3), 572-579.
Rosni, R. (2017). Analisis tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di desa
dahari selebar kecamatan talawi kabupaten batubara. Jurnal
Geografi, 9(1), 53-66.
Rudi Azis dan Asrul. (2014), Pengantar Sistem dan Perencanaan
Transportasi,Yogyakarta : Deepublish
Setiawan, A. B. (2018). Revolusi bisnis berbasis platform sebagai penggerak
ekonomi digital di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi:
Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 61.
Sodiq, A. (2015). Konsep kesejahteraan dalam islam. Equilibrium, 3(2), 380-405.
Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M., Purba, S., Syafrizal,
S., ... & Susilawaty, A. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada
Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV
Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV
Alfabeta.