PENGARUH PELAYANAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Studi Kasus Pada Usaha Perdagangan Counter Shiba Comunication Semarang )
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada penelitian ini hanya mengambil 2 variabel yaitu pelayanan dan Harga produk sebagai independent variabel yang mempengaruhi dependent variabel yaitu kepuasan konsumen yang bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan harga produk terhadap kepuasan konsumen. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah (Studi Kasus Usaha Perdagangan Counter Shiba Comunication Semarang) sumber data meliputi data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Counter Shiba Comunication Semarang, dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik analisa datanya adalah teknik persamaan regresi berganda, uji t, Uji F, Koefisien Determinasi.
Dari hasil analisa disimpulkan bahwa variabel pelayanan dan harga produk mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap kepuasan konsumen pada Usaha Perdagangan Counter Shiba Comunication Semarang, ternyata tingkat harga produk lebih dominan bila dibandingkan dengan pelayanan, dengan begitu diharapkan dari pihak counter bisa mempertahankan harga produk sesuai dengan kedaan yang ada pada waktu sekarang ini dan diharpakan agar dapat meningkatkan pelayanan yang selama ini dianggap kurang oleh konsumen dengan adanya peningkatan pelayanan maka diharapkan konsumen semakin meningkat.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 2002, Metodologi Penelitian Sosial, Andi Offset, Yogyakarta.
-------------------------, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta
--------------------------, 2009, Manajemen Penelitian Jakarta : Rineka Cipta.
Adininggar, S. Diyah Adininggar,2010, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bisnis Senja Kediri Pada PT. KAI ( DAOP VII ) Madiun
Aridhayanti, Ranti, 2008, Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Kamandanu Semarang – Jakarta
Azwar, Syaifuddin, 2011, Realibilitas dan ValiditasI, Edisi XI, Yogyakarta: Pustaka Offset
Djarwanto, PS. dan Pangestu Subagyo, 1996, Statistik Induktif, Edisi Keempat, BPEFE, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono & Anatasia Diana, 2003, Total Quality Management (TQM), Penerbit Andi Yogyakarta
Fandy Tjiptono, 2004, Manajemen Jasa ,Penerbit BPFE, Yogyakarta
Gibson, et. al. 1997, Organisasi, Perliku, Struktur, Proses, Jilid I, Penrbit Erlangga, Jakarta.
Hartono, 2011, Statistik Untuk Penelitian, Pustaka Pelajar, Zanafa Publishing, Yogyakarta
Hasan, 2002, Metodologi Penelitian Survei, Erlangga, Jakarta
Kian, Siow, Sie, 1999, Perbedaan Individu terhadap Aspek Pengayaan kerja dan
Hubungannya dengan Kepuasan Kerja pada PT. Pertamina Cepu.
Ratminto & Atik Septi Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan, Penerbit Pustaka Pelajar. Jakarta
Saryono, 2008, Metodologi Penelitian Kesehatan,, Penerbit Mitra Cendikia Offset Yogyakarta
Singarimbun, Masri dan Effendi, 1997, Metode Penelitian Survey, Penerbit LP3ES, Jakarta
Sondang P. Siagian, 2004, Filsafat Administrasi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta,
Stephen P. Robbins, 2006, Prilaku Organisasi, Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Sugeng Prijarminto, 1992. Manajemen Personalia, Peneribit Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Alfabeta
Umar, Husein, 2003, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
-------------------, 2009, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, Penerbit Raja Grafindo Persada Jakarta.
Yuliana, Atik, 2008, Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kereta Api Kaligung Bisnis Di Stasiun Poncol Semarang