PENGARUH PRICE DISCOUNT, SALES FORCE CAPABILITY DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN MATAHARI PLAZA SIMPANG LIMA SEMARANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Price Discount, Sales Force Capability dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying pada Konsumen Matahari Plaza Simpang Lima Semarang. Penelitian ini menggunakan data primer, metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Pengambilan sempel sebanyak 110 responden dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Pengujian Hipotesis.
Hasil analisis menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel Price Discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying pada konsumen Matahari Plaza Simpang Lima Semarang. Sales Force Capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying pada konsumen Matahari Plaza Simpang Lima Semarang dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying pada konsumen Matahari Plaza Simpang Lima Semarang. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa Price Discount, Sales Force Capability dan Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pada konsumen Matahari Plaza Simpang Lima Semarang.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Anggraeni, J., Pramita, P. D., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying di Butik Cassanova Semarang. Journal Of Management.
Aqmala, D., & Farida, N. (2014). A Study Of Planned Impulsive Buying On Consumers In Indonesia.
Atilah, N. S. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Price Discount ,Bonus Pack dan Brand Image terhadap Konsumen dalam Melakukan Impulse Buying pada Produk Oriflame di Kota Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen.
Cakraningrat, P. B., & Ardani, I. G. (2016). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying di Discovery Shopping Mall. E-Jurnal Manajemen.
Dalihade, M. P., Massie, J. D., & Tielung, M. V. (2017). Pengaruh Potongan Harga dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Jurnal Emba.
Darmayasa, N. M. (2017). Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Sales Promotion terhadap Emotional Shopping dan Impulse Buying Behavior. E-Jurnal Manajemen.
Ghozali, Imam (2013). Aplikasi Multivariate dengan program SPSS edisi ketujuh. : Badan penerbit Semarang.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi kelima. Universitas Diponegoro, Semarang.
Gumilang, W. A., & Nurcahya, I. K. (2016). Pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Emotional Shopping dan Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen.
Gunadhi, E. C., & Japarianto, E. (2015). Analisa Pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying Melalui Shopping Lifestyle dan Emotional Response Sebagai Variabel Intervening pada The Body Shop Indonesia. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Hidayat, Y. N., & Astuti, S. R. (2017). Analisis Pengaruh Atmosfer Toko, Price Discount dan Sales Person terhadap Impulse Buying Melalui Emotional Response (Studi Pada Konsumen Hypermarket Kota Semarang). Journal Of Management.
I. M., Parawansa, D. A., & Munir, A. R. (2018). Pengaruh Visual Merchandising, Display Product, dan Store Atmosphere
terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus : Konsumen Matahari Department Store di Kota Makassar). Journal Of Applied Business And Entrepreneurship.
In’am, M. F., Suharyono, & Yuliyanto, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab).
Kadafi, M. A., & Melina. (2017). Pengaruh Price Discount dan In-Store Display terhadap Impulse Buying.
Kotler Philip dan Keller Kevin. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Lestari, S. I. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying Melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur.
Levy & Weitz, 2001. Retailing Management, 4th edition. New York: Mc.GrawHill, Irwin.
Muthiah, I., Parawansa, D. A., & Munir, A. R. (2018). Pengaruh Visual Merchandising, Display Product, dan Store Atmosphere terhadap Perilaku Impulse Buyin (Studi Kasus : Konsumen Matahari Department Store di Kota Makassar). Journal Of Applied Business And Entrepreneurship.
Nasib. (2017). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Keputusan Impulse Buying pada Pt. Toyota Auto. Journal Of Business Studies.
Ratnasari Vika Ary, Kumadji Srikandi dan Kusumawati Andriani (2015). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Hedonic Shopping Value dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Hypermart Malang Town Square).
Rofidi, A. N. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan Pelayanan terhadap Peningkatan Impulse Buying pada Toko Bangunan Ud Aryan Kec. Plemahan Kab. Kediri.
Setiyowati, A., & Kustijana, D. H. (2017). Pengaruh Discount Price, In-Store Display dan Sales People terhadap Pembelian Impulsif dengan Impulse Buying Tendecy Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia .
Shojaei, M. R., Shahlaei, A., Torabi, S., & Ghaedi, M. R. (2014). Investigating The Effective Factors On Impulse Buying. Journal Of Business and Management .
Solomon, Michael R. 2009. Consumer Behavior, 8th Edition. New Jersey: Pearson Education.
Sudarmanto R. G. (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS, Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriono. (2018). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying. Journal Of Applied Business Administration .
Winantri, N. N. (2016). Pengaruh Kondisi Emosi dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying di Indomaret Cabang Desa Tampaksiring Tahun 2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (Jppe) .
Wilujeng, S. (2017). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret di Kecamatan Sukun Kota Malang.
Yistiani, Kerti Yasa Dan Suasana I G. A (2012). Pengaruh atmosfer
Gerai dan Pelayanan Ritel terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza di Denpasar.