PENGARUH TESTIMONI, SITUASIONAL DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA KONSUMEN RUMAH MAKAN SA’I BOJA KABUPATEN KENDAL

Isi Artikel Utama

Ari Dwi Astono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh testimoni, situasional dan harga
terhadap minat beli ulang pada rumah makan Sa’i Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Data yang
digunakan adalah data primer dengan menggunakan quesioner untuk mengambil informasi dari
variabel testimoni, situasional, harga dam minat beli dari konsumen yang membeli di rumah makan
Sa’i Boja. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Slovin didapatkan sampel
berjumlah 110.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa testimoni berpengaruh positip dan signifikan terhadap
minat beli ulang lebih tinggi dibandingkan situasional. Sedangkan harga mempunyai pengaruh
negatip dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan
pada rumah makan Sa’i sudah bersaing dengan rumah makan lain sehingga testimony dengan figur
kepala Desa, artis Kabupaten sangat membantu dalam memberikan pengaruh besar terhadap minat
beli ulang konsumen. Sedangkan situasional di lokasi rumah makan Sa’i sangat mendukung
kenyamanan dalam menikmati hidangan dalam rumah makan Sa’i Boja Kabupaten Kendal Jawa
Tengah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Astono, A. D. (2022). PENGARUH TESTIMONI, SITUASIONAL DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA KONSUMEN RUMAH MAKAN SA’I BOJA KABUPATEN KENDAL. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 4(2), 413–424. Diambil dari https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/64
Bagian
Artikel

Referensi

Abdullah, Thamrin., and Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo

Persada : Jakarta.

Agusty Ferdinand, (2012), Metode Penelitian Manajemen, Badan. Penerbit Universitas

Diponegoro. Semarang

Ali Hasan, (2008), Marketing, Media Utama, Yogyakarta.

Alwi, Safaruddin. (2001) . Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Aprih, Santoso dan Widowati, 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap

Keputusan. Jurnal Dinamika Pembelian Sosiao Budaya No. 2 FE USM, Hal 179-190

Belch, George dan Belch Michael A (2001). Advertising and Promotion an Integrated Marketing

Communication Perpective. Boston McGraw Hall

Belk, R.W. (1975), “Situational variables and consumer behavior”, Journal of. Consumer

Research, Vol. 2, December, pp. 157-64.

Erwin Rediono Tan, (2011).Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan pelayanan Terhadap

Keputusan Konsumen Untuk Belanja Di Alfamart Surabaya”, Jurnal Kewirausahaan.

Vol. 5 Nomor 2, ISSN, 1978-4724

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.

Semarang.

Griffith, (2011). Online Video Gaming. What Soul Educational Psikologis Know.Educational

Psycology In Practice 26 (1) 35-40

Hasan Ali, (2008), Marketing, Media Utama, Yogyakarta.

Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2010) Consumer Behavior: Building Marketing.

Strategy.11th edition. McGraw-Hill, Irwin

Hendarsono, Gersom dan Sugiono Sugiharto. (2013). “Analisa Pengaruh Experiential Marketing

Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen

Cafeuntos99Sidoarjo”.JurnalManajemenPemasaranVol.1No.2Hal.1-8,2013.

Husein Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Juliana, Putu Fery, I Ketut Kirya, dan Nyoman Yulianthini, (2014), Pengaruh

KualitasPelayananTerhadapKepuasanPelangganPadaProdukYeh Buleleng Di Singaraja

Tahun 2014, E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, Vol.

,2015.

Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Mandey, Jilly Bernadette. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap

Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174

Mirela Mihić dan Ivana Kursan (2010).Assesing The situational Factors And Impulsive Buying

Behavior: Market Segmentation Approach.Management, Vol. 15, 2010, 2, pp. 47-66

Peter,J.PauldanJerryC.Olson.2014.PerilakuKonsumendanStrategiPemasaran.Edisi 9. Jakarta:

Salemba Empat Raharjo, Andini S.T. (2012). Analisis Faktor-faktor Yang

Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Hyunday i20. Diponegoro Journal Of

Management Vol. I. No.2. Semarang. Russell J. Thomas dan Lane Ronald. 1997. Tata

Cara Periklanan Kleppner Edisi kedua Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Sasongko, Felita dan Hartono Subagio, (2013), Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan

Pelanggan restoran Ayam Penyet Ria, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, No. 2, Vol. 1,

Stanton J. William, (2010), Prinsip Pemasaran, Penyadur Y. Lamarto, Edisi ke 7, Jakarta

: Erlangga.

Sugiharto, dkk. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention dengan

Brand Image Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Manajemen pemasaran, Vol.9, No1.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),

Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Alfabeta, Bandung.

Supangat, Andi, (2008), Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, Dan Parametrik, Kencana

Prenada, Jakarta.

Supranto, J, (2008), Statistik (Teori dan Aplikasi), Erlangga, Jakarta.

Tan, Wijaya. (2011).Manajemen Kualitas Jasa.Edisi 1. Indeks. Jakarta.

Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian),

Yogyakarta

Umboh, Valdo J dan Silvya L. Mandey, (2014), Analisis Kualitas Jasa Layanan Cabang Teling,

ISSN 2303-1174, No. 3, Vol. 2, 2014.

Utami, Ida Ayu Inten Surya dan I Made Jatra, (2015), Pengaruh Kualitas layanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur, ISSN 2302- 8912, No. 7, Vol.4, 2015.

Wolf, LA, et al (2017). Triaging the emergency Department, Not the Patient: United Stated

Emergency Nurses “Expreince Of The Triage Proces, pp 1-19

Wright, S. (1978) Evolution and the Genetics of Populations. Vol. 4. Variability within and among

Natural Populations. University of Chicago Press, Chicago.

Youn, Xu. (2007). Impact ofstore environmentonadult generationYconsumers’impulse

buying.Journal of Shopping Center Research14(1), 39-56.