PENGARUH TESTIMONI, SITUASIONAL DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA KONSUMEN RUMAH MAKAN SA’I BOJA KABUPATEN KENDAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh testimoni, situasional dan harga
terhadap minat beli ulang pada rumah makan Sa’i Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Data yang
digunakan adalah data primer dengan menggunakan quesioner untuk mengambil informasi dari
variabel testimoni, situasional, harga dam minat beli dari konsumen yang membeli di rumah makan
Sa’i Boja. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Slovin didapatkan sampel
berjumlah 110.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa testimoni berpengaruh positip dan signifikan terhadap
minat beli ulang lebih tinggi dibandingkan situasional. Sedangkan harga mempunyai pengaruh
negatip dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan
pada rumah makan Sa’i sudah bersaing dengan rumah makan lain sehingga testimony dengan figur
kepala Desa, artis Kabupaten sangat membantu dalam memberikan pengaruh besar terhadap minat
beli ulang konsumen. Sedangkan situasional di lokasi rumah makan Sa’i sangat mendukung
kenyamanan dalam menikmati hidangan dalam rumah makan Sa’i Boja Kabupaten Kendal Jawa
Tengah.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Abdullah, Thamrin., and Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo
Persada : Jakarta.
Agusty Ferdinand, (2012), Metode Penelitian Manajemen, Badan. Penerbit Universitas
Diponegoro. Semarang
Ali Hasan, (2008), Marketing, Media Utama, Yogyakarta.
Alwi, Safaruddin. (2001) . Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
Aprih, Santoso dan Widowati, 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap
Keputusan. Jurnal Dinamika Pembelian Sosiao Budaya No. 2 FE USM, Hal 179-190
Belch, George dan Belch Michael A (2001). Advertising and Promotion an Integrated Marketing
Communication Perpective. Boston McGraw Hall
Belk, R.W. (1975), “Situational variables and consumer behavior”, Journal of. Consumer
Research, Vol. 2, December, pp. 157-64.
Erwin Rediono Tan, (2011).Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan pelayanan Terhadap
Keputusan Konsumen Untuk Belanja Di Alfamart Surabaya”, Jurnal Kewirausahaan.
Vol. 5 Nomor 2, ISSN, 1978-4724
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.
Semarang.
Griffith, (2011). Online Video Gaming. What Soul Educational Psikologis Know.Educational
Psycology In Practice 26 (1) 35-40
Hasan Ali, (2008), Marketing, Media Utama, Yogyakarta.
Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2010) Consumer Behavior: Building Marketing.
Strategy.11th edition. McGraw-Hill, Irwin
Hendarsono, Gersom dan Sugiono Sugiharto. (2013). “Analisa Pengaruh Experiential Marketing
Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen
Cafeuntos99Sidoarjo”.JurnalManajemenPemasaranVol.1No.2Hal.1-8,2013.
Husein Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Juliana, Putu Fery, I Ketut Kirya, dan Nyoman Yulianthini, (2014), Pengaruh
KualitasPelayananTerhadapKepuasanPelangganPadaProdukYeh Buleleng Di Singaraja
Tahun 2014, E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, Vol.
,2015.
Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Mandey, Jilly Bernadette. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap
Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174
Mirela Mihić dan Ivana Kursan (2010).Assesing The situational Factors And Impulsive Buying
Behavior: Market Segmentation Approach.Management, Vol. 15, 2010, 2, pp. 47-66
Peter,J.PauldanJerryC.Olson.2014.PerilakuKonsumendanStrategiPemasaran.Edisi 9. Jakarta:
Salemba Empat Raharjo, Andini S.T. (2012). Analisis Faktor-faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Hyunday i20. Diponegoro Journal Of
Management Vol. I. No.2. Semarang. Russell J. Thomas dan Lane Ronald. 1997. Tata
Cara Periklanan Kleppner Edisi kedua Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia
Sasongko, Felita dan Hartono Subagio, (2013), Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan
Pelanggan restoran Ayam Penyet Ria, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, No. 2, Vol. 1,
Stanton J. William, (2010), Prinsip Pemasaran, Penyadur Y. Lamarto, Edisi ke 7, Jakarta
: Erlangga.
Sugiharto, dkk. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention dengan
Brand Image Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Manajemen pemasaran, Vol.9, No1.
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),
Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Alfabeta, Bandung.
Supangat, Andi, (2008), Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, Dan Parametrik, Kencana
Prenada, Jakarta.
Supranto, J, (2008), Statistik (Teori dan Aplikasi), Erlangga, Jakarta.
Tan, Wijaya. (2011).Manajemen Kualitas Jasa.Edisi 1. Indeks. Jakarta.
Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian),
Yogyakarta
Umboh, Valdo J dan Silvya L. Mandey, (2014), Analisis Kualitas Jasa Layanan Cabang Teling,
ISSN 2303-1174, No. 3, Vol. 2, 2014.
Utami, Ida Ayu Inten Surya dan I Made Jatra, (2015), Pengaruh Kualitas layanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur, ISSN 2302- 8912, No. 7, Vol.4, 2015.
Wolf, LA, et al (2017). Triaging the emergency Department, Not the Patient: United Stated
Emergency Nurses “Expreince Of The Triage Proces, pp 1-19
Wright, S. (1978) Evolution and the Genetics of Populations. Vol. 4. Variability within and among
Natural Populations. University of Chicago Press, Chicago.
Youn, Xu. (2007). Impact ofstore environmentonadult generationYconsumers’impulse
buying.Journal of Shopping Center Research14(1), 39-56.