Analisis Laporan Keuangan Bank Syari’ah Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank

Isi Artikel Utama

Budi Dharma
Juli Syahputri
Aidhawani

Abstrak

Laporan keuangan menampilkan situasi finansial serta hasil usaha sebuah instansi ataupun
lembaga di waktu tertentu ataupun berjangka waktu. Beberapa jenis laporan tersebut secara
umum diketahui sebagai pelaporan laba rugi, neraca, arus kas, dan perusahaan posisi finansial.
Masih banyak kesalahan dan kurangnya media informasi bagi para analis atas laporan keuangan
sehingga data pelaporan keuangan dapat dimanipulasi dan merugikan pelanggan atau konsumen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa keputusan konsumen untuk memilih bank
dengan kategori tinggi mencapai 3 orang yaitu 11.11% bernilai 52.12 ke atas. Sampel yang
memperoleh kategori sedang mencapai 18 orang yaitu 66.67% bernilai kisaran 48.1 -52.12,
sampel yang memperoleh kategori rendah mencapai 6 orang yaitu 22.22% bernilai 48.1 ke
bawah. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwasanya keputusan konsumen menetapkan
perbankan ditinjau berdasarkan pada laporan keuangan yang mampu dikategorikan sedang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dharma, B., Syahputri, J., & Aidhawani. (2023). Analisis Laporan Keuangan Bank Syari’ah Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 5(1), 537–553. Diambil dari https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/76
Bagian
Artikel

Referensi

Agitha Ayu Prananda, C. D. (2016). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Dalam

Pengambilan Keputusan Investasi Asset Tetap Pada PT. Etmieco Sarana Laut Bitung. Jurnal

EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 11.

Arif, M. (2019). Marketing Skill. FEBI UIN-SU Press.

Emka, B. (2006). Auditing Pedoman Pemeriksaaan Akuntansi. STIE Inaba.

Fahmi, I. (2018). Analisa Laporan Keuangan. Alfabetha.

Harahap, S. S. (2007). Teori Akuntansi,Edisi Revisi 9. Raja Grafindo Persada.

JB, M. (2013). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Rokok

Surya Promild. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 1(2), 11.

Kasmir. (2014). Dasar-Dasar Perbankan Edisi Revisi 2014. PT. Grafindo Persada.

Khafid, M. (n.d.). Analisis PSAK No.27 Tentang Akuntansi Perkoperasian dan Pengaruhnya

terhadap Kesehatan Usaha pada KPRI. Jurnal Dinamika Akuntansi, 2(1), 37.

Lestari, M. (2015). Konsep Pajak Dalam Persfektif Ekonomi Islam. UIN Alauddin Makassar.

Mahfudhoh, Z. (2020). Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Jual Beli Melalui Media

Online Di Kalangan Mahasiswa. SERAMBI : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 13.

Murhadi, W. R. (2013). Analisa Pelaporan Finansial Proteksi serta Evaluasi Saham. Salemba

Empat.

Nurmalia, N. (2019). Strategi kepemimpinan dalam perubahan ekonomi G-20. Alfabetha.

Osmad Muthaher. (2009). Analisis penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen terhadap

keunggulan bersaing melalui kinerja bisnis. Jurnal Akuntansi Indonesia, 3(1), 11.

Randa, F. (2005). Penggunaan Kriteria Akuntansi dan Kualitas Laporan Finansial Kooperasi

Bidang Empiris Terhadap Pinjaman Indonesia. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan

Masyarakat, 2(5), 12.

Senoaji. (2014). Gap Analysis Penerapan SAK ETAP pada Penyusunan Laporan Keuangan

UKM di Kabupaten Kudus. Universitas Diponegoro.

Soemitra, A. (2017). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana.

Sudarsono. (1992). Pokok-Pokok Hukum Islam. Rieneka Cipta.

Sudarsono, H. (2005). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Edisi 2. Akonisia.