PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PRICING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENUMPANG TRAVEL KENCANA CABANG KELET KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA

Isi Artikel Utama

Ari Dwi Astono
Evie Yunita F.S

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan dan Strategi Pricing yang diberikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Travel Kencana cabang kelet. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh Kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Data yang dihasilkan dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 80 pengguna jasa Travel Kencana Cabang Kelet sebagai responden.


Berdasarkan perhitungan regresi berganda antara Kualitas pelayanan, Strategi Harga , terhadap kepuasan pelanggan dengan dibantu program SPSS dalam proses penghitungannya dapat diperoleh hasil sebagai berikut Y = 3.316 + 0.675 X1 + 0.438 X2 Kepuasan pelanggan mampu dijelaskan oleh variasi dari keempat variabel indpenden harga dan kulitas pelayanan 60,9% sedangkan sisanya (100% - 60,9% = 39,91%) dijelaskan sebab-sebab lain diluar model.


Berdasarkan pada hasil penelitian telah menjawab masalah penelitian tersebut yang secara signifikan mengahasilkan dua hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu : Kualitas Pelayanan dan Strategi Pricing. Artinya dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dari kualitas pelayanan dan Strategi Pricing pada Travel Kencana cabang kelet dapat diharpakan akan meningkat sesuai dengan targetnya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Astono, A. D., & Yunita F.S , E. . (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PRICING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENUMPANG TRAVEL KENCANA CABANG KELET KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 4(1), 255–263. Diambil dari https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/46
Bagian
Artikel

Referensi

Ambar, Setya Ningtyas. (2008). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kebiasaan, Brand Image, dan Komitmen Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Gudang Garam. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Amir, N., (2005). Depresi Aspek Neurobiologi Diagnosis dan Tatalaksana. Balai Penerbit FKUI, Jakarta

Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.

Erlangga Tahta Kesumanegara. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Di Baskin Robbins Ice Cream Mall Ciputra Semarang. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ferdinand, Augusty Tae.(2006). Metode Penelitian Manajamen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firdaus, F. (2019). Analisis Kepuasan Nasabah Melalui Keprcayaan Nasabah, Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk (Studi Kasus Pada Kospin Jasa Cabang Weleri). Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 1(2). https://doi.org/10.0593/jae.v1i1.4

Ghazali,Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19 edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo, (2008), Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan keenam,Penerbit : BPFE – Yogyakarta

Handi Irawan. (2007). 10 Prinsip Kepusan Pelanggan. Cetakan kesembilan.

Harini. (2012),. Makroekonomi Pengantar. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Hasan. (2009). Marketing. Jakarta : Media Presindo

Hidayat., T., (2009). Parade Merek Rekomendasi Konsumen. www.swa. co.id. 2 Desember.

Irawan. (2004). Kepuasan Pelayanan Jasa. Erlangga. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Jasfar. Farida. (2005). Manajemen Jasa. Penerbit PT. Ghalia Indonesia. Bandung

Kotler dan Keller. (2008). “Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga Edisi 13.Jakarta.

Kotler . (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Jilid I. Indeks Kelompok Gramedia: Jakarta.

Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan , G. Armstrong. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta

Kotler, P. dan Keller K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2 , Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Sabran B, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. (2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2), 9.

Laksana. Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Graha Ilmu.Yogyakarta

Lembang, D. R. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Lupiyoadi, R dan A. Hamdani. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, (2009): Manajmen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakrata: Selemba Empat

Lupiyoadi, Rambat. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.

Manulang, Ida, (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Jasa Penerbangan PT. Garuda Indonesia Air Lines di Bandara Polonia Medan, skripsi tidak diterbitkan, Medan: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara.

Nainggolan, N. P. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas pelayanan, Harga, Faktor Emosional dan Lokasi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Hotel Internsaional Sibayak Berastagi. Tesis. Program Pasca Sarjana Ekonomi, Universitas Sumatra Utara. Medan.

Normasari, selvy, Srikandi Kumadji, Andriani Kusumawati. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6 (2).

Philip Kotler, (2005), Manajamen Pemasaran, Alih Bahasa Benyamin Molan Jilid 1, Indeks, Jakarta.

Rachel. (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen Sebagai variabel intervening. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Richa Widyaningtyas, (2010), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Harina (Studi pada Pt. Kereta Api Indonesia Daop IV Semarang). Sripsi Universitas Diponegoro, Semarang.

Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1803–1813.

Sembiring, I. J., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014a). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1), 1-10.

Sembiring, I. J., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014b). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1), 10.

Sony fiasal rinaldi dan Bagya mujiarto, Metodologi Penelitian Dan statistika.Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017) . Hlm 11.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung

Supranto, (2001), Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaiakn Pangsa Pasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 230,243.

Sutojo, siswanto (2008). Manajemen armada salesmen (saleforce management). Jakarta:Damar Mulia Pustaka.

Swastha, Bashu. (2006). Manajemen Penjualan. FE UGM. Yogyakarta. Syahputra. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Occupant Pada Hotel Lido Graha Di Lhokseumawe.

Tjiptono, Fandi. (2008). Manajemen Jasa. Penerbit CV. Andi. Yogyakarta. Tjiptono, F. (2014). PEMASARAN JASA Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. (ANDI, Ed.). Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Tjiptono, F . (2011), Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang