PERAN BRAND PERSONALITY DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPOO DOVE DI KOTA SEMARANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Shampoo Dove berada pada urutan paling bawah. Di tahun 20120 angka Top Brand Indeks (TBI) sebesar 6,1% dan pada tahun 2021 menunjukkan peningkatan sebesar 7,6% akan tetapi shampoo Dove berada pada urutan paling bawah dan tidak masuk dalam nominasi TOP. Tujuan dalam penelitian ini adalah. Untuk menganalisis pengaruh Brand Personality dan brand trust terhadap Keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen shampoo Dove di Kota semarang dengan sampel penelitian sebanyak 96 responden. Alat analisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand personality dan brand trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Adjiwidjaja, (2019), Pengaruh Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse, FE Universitas Kristen Petra
Agustina, (2018), Pengaruh Brand Image, Trust, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah, Simki-Economic Vol. 02 No. 02 Tahun 2018 ISSN : 2599-0748, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Alatas, (2018), Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Credibility, Jurnal Manajemen Dan Inovasi, FEB, Universitas Syah Kuala
Anin, (2017), Analysis Of The Influence Of Celebrity Endorser, Brand Image, And Trust On The Purchasing Decision Of Garnier Products For Students At Stie Pelita Indonesia, Procuratio Vol. 5 No. 4, Desember 2017 ,Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia, Pekanbaru
Atanam, Berk Dan Burc Ulengin. 2003. “A Note On The Effect Of Brand Image On Sales”. Journal Of Product & Brand Management. Vol. 12. No. 4. Pp 237-250. Emerald Group Publishing.
Bastian, 2014, Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia, Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra
Chan, Kara, Yu Leung Ng Dan Edwin K. Luk. 2013."Impact Of Celebrity Endorsement In Advertising On Brand Image Among Chinese Adolescents", Young Consumers, Vol. 14 Iss 2 Pp. 167 – 179.Empat:Jakarta
Firdaus, F. (2019). Analisis Kepuasan Nasabah Melalui Keprcayaan Nasabah, Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk (Studi Kasus Pada Kospin Jasa Cabang Weleri). Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna, 1(2).
Firdaus, F. (2020). Improvement Of Marketing Performance Based On Product Innovativeness. Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna, 2(1), 102-110.
Firdaus, F., & Budiman, B. (2021). The Impact of Brand Image, Price, and Variety Seeking on Brand Switching Behavior. Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 2(2), 78-89.
Firdaus, F., & Mulyanto, K. (2020). Strategy Creating Positive Word of Mouth Based On Relationship Quality. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 11(3), 284-299.
Halonen-Knight, Elina, Dan Leila Hurmerinta. (2010). "Who Endorses Whom? Meanings Transfer In Celebrity Endorsement". Journal Of Product & Brand Management, Vol. 19 Iss 6 Pp. 452 – 460.
Kalangi, (2019), Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear, Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado
Keputusan Pembelian Shampoo Sunsilk Di Kota Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro
Kertajya, (2004). New Wave Marketing, The World Is Still Round The Market Is Already Flat. Jakarta: Gramedia
Kertajya, (2004). New Wave Marketing, The World Is Still Round The Market Is Already Flat. Jakarta: Gramedia
Kotler, Philip Dan Keller, Kevin. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Koubaa, Yamen. (2008). "Country Of Origin, Brand Image Perception, And Brand Image Structure",Asia Pacific Journal Of Marketing And Logistics, Vol. 20 Iss 2 Pp. 139 – 155.
Laios, Lambros G., Dan Socrates J. Moschuris. (2001). “The Influence Of Enterprise Type On The Purchasing Decision Process”. International Journal Pf Operations & Product Management. Vol.21, No.3, Pp.361-372.
Lau, Geok Theng Dan Lee Sook Han. (2000). Customer Trust In Brand And The
Lee, Hsiang-Ming, Ching-Chi Lee, Dan Chou-Chen Wu. (2011). “Brand Image Strategy Affectsbrand Equity After M&A”, European Journal Of Marketing, Vol. 45 No. 7/8, Pp. 1091-1111
Link To Brand Loyalty. Journal Of Market Focused Management. Vol 4 Hal 341-370.
Mcwilliams, R. D., Naumann, E Dan Scott, S. (1992). “Determining Buying Center Size”. Industrial Marketing Management. Vol. 21 No.1, Pp. 43-9.
Plungpongpan, Jirawan, Leela Tiangsoongnern Dan Mark Speece. (2016). "University Social Responsibility And Brand Image Of Private Universities In Bangkok", International Journal Of Educational Management, Vol. 30 Iss 4.
Rizan, M. (2012). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro (Jurnal). Jakarta Timur: Universitas Negeri Jakarta.
Sadat, Andi M. (2009). “Brand Belief: Strategi Membagun Merek Berbasis Keyakinan”. Salemba
Setyaji, W.B. (2008). Analisis Pengaruh Citra Merek, Perceived Quality, Dan Iklan Terhadap