Analisis Pengaruh Promosi, Service Quality, Brand Image Terhadap Keputusan Pelanggan Memilih Jasa Go-Jek Di Semarang

Isi Artikel Utama

M Roby Jatmiko

Abstrak

Go-Jek is a company that serves ojek service anywhere for anyone who needs online. This research aims to know the influence of promotion, service quality and brand image on  purchasing decisions of Go-Jek. Sampling method was done by using questionnaires, this study population is Go-Jek users consumer Semarang. The sample used is 84 respondents with sampling technique using purposive sampling. This study used multiple regression analysis with SPSS 21 application. The result of the research with multiple regression shows that Promotion, Service Quality, Brand Image have positive and significant effect to Go-Jek Purchase Decision. The most influential variable on Go-Jek purchasing decisions is the Brand Image.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Roby Jatmiko, M. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Service Quality, Brand Image Terhadap Keputusan Pelanggan Memilih Jasa Go-Jek Di Semarang. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 2(1), 111–123. Diambil dari https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/20
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

M Roby Jatmiko, STIE Anindyaguna

M.Roby Jatmiko.,S.Si.,SE.,M.M

Referensi

Ainur, Sulis. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Hi-Lo Di Semarang. Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Assegaff,M. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda Di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 10. No. 2. Juli, p.171 – 186.

Bawono, (2006). Laporan Penelitian: Penelitian Arkeologi Prasejarah di Kawasan Perbukitan Jimbaran dan Sekitarnya. Denpasar: Jurusan Arkeologi Fakultas Sastra UNUD.

Cooper, D. and Emory, C.W. (1995),Business Research Method, 5th ed., Irwin, Homewood, IL.

Daud, Denny.(2013). Promosi Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan Pada Pt. Bess Finance Manado. Jurnal Emba 51 Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 51-59.

Engel, James F, Roger D. Blackwell, Paul W. Miniard. (2000). Perilaku Konsumen. Terj.F.X. Budianto. Jakarta : Binarupa Aksara.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS,Semarang : Badan Penerbit Universitas

Gujarati, D. N., (2001). Basic Econometrics. Third

Hadiyuda, Supratno Harum Dwi. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Bus Pariwisata. Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Husein, Umar, (2000), Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Business Research Center (JBRC), Jakarta.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.

J. Supranto. (2003). Metode Penelitian Hukum Statistik. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Kotler dan Amstrong. (2008) “Prinsip-prinsip pemasaran”, edisi 12, jilid 1, PT Indeks Gramedia Group, Jakarta,.A.

Kotler, P and Keller, K (2009).Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Penerbit Erlangga.Jakarta

Kotler, P. & Keller, K.L. (2007). Manajemen Pemasaran.Edisi-12, Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2012) “Marketing Management”, Edisi 14, Global Edition, Pearson Prentice Hall,.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2007) “Marketing Management”, Edisi 14, Global Edition, Pearson Prentice Hall, 2012.

Kotler, Philip. (2007) “Manajemen Pemasaran”, edisi ke 12, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta,.

Kotler, Philip. (1999). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia jilid I. Andi. Yogyakarta.

Kotler,Philip dan Gary Amstrong. (2003) “Dasar-Dasar Pemasaran”, Edisi ke 9, jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta,.

Kotler,Philip dan Kevin Lane Keller. (2007) “Manajemen Pemasaran”, Edisi ke 12, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta,.

Melisa, E.B. Go, Joyce Lapian, S. Moniharapon. (2014). Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pada Sekolah Mengemudi Melati Di Manado. Jurnal Emba Vol.2 No.3 September (2014), Hal. 1150-1161.

Nugraha, Finnan Aditya Ajie, Suharyono, Andriani Kusumawati. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan jalan Simpang Soekarno-Hatta nomor 1-2 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 22 No. 1 Mei 2015

Nugroho, Jati. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz Di Semarang. Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Selestio, Robby. (2013). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Oasis. Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Setiadi, Nugroho J, (2010), Perilaku Konsumen: Konsep Dan Impikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran, Prenada Media Group, Jakarta

Setyanto, Linggar Eka, Zainul Arifin, Sunarti. (2017). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pembeli Apple iphone pada Mahasiswa/Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013/2014 Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 46 No. 2 Mei 2017.

Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Manajemen. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabet :Bandung.

Sulistiani, Sinta. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada Produk Hydro Coco Pt Kalbe Farma. Eduka Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis Vol. 2 No. 4 Juli 2017 Issn: 2502-5406

Swastha, Basu dan T.Hani Handoko. (2005). Manajemen Pemasaran : Analisa Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE UGM

Tielung, Maria V.J, Farli. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Salon Headquarters Manado Town Square. Jurnal Emba 1106 Vol.3 No.1 Maret 2015, Hal. 1106-1116.

Tjiptono Fandy, (2008). Service Management, Mewujudkan Layanan Prima, Andy, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandi, (2007). Manajemen Penjualan Produk, cetakan pertama, Kanisius, Yogyakarta

Yanna, Suryaningtyas. (2015). Analisa Pengaruh Promosi Dan Kualitas Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Di Yanna Anmaris Make Up Artist Surabaya. E-Jurnal Manajemen Kinerja E-Issn : 2407-7305 Vol.1, Nomor 2 Juli 2015

Yunanto, Tio Kharisma. (2016). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Word Of Mouth, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Transportasi Gojek Di Kota Tangerang Selatan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Zikmund, W.G. (1999). Business Research Method. 4th Edition: The Dryden Press, Harcourt College Publisher.