STUDI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN

Isi Artikel Utama

Ahmad Dwi Nurdiyanto
Mochamad Purnomo

Abstrak

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah sebuah kajian tentang hubungan variabel di dalam sebuah konsep pemasaran. Keunggulan bersaing merupakan bagian dari proses dalam persaingan secara kompetitif di dalam lingkungan bisnis. Metode yang digunakan dalam studi ini menggunakan tinjauan literatur atau studi pustaka. Konsep yang didapatkan dari beberapa studi secara empiris dapat diterapkan secara teoritis. Hasil analisis yang didapatkan : 1) orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, 2) keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Dari hasil studi tersebut dapat dinyatakan bahwa keunggulan bersaing sebagai variabel intervening pada hubungan orientasi pasar dan kinerja pemasaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurdiyanto, A. D., & Purnomo, M. (2021). STUDI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(1), 137–145. Diambil dari https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/ekonobis/article/view/14
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Mochamad Purnomo, Universitas Selamat Sri Kendal

Prodi Manajemen FEB Universitas Selamat Sri Kendal

Referensi

Barney, J. B. (1995) “Looking inside for competitive advantage.,” Academy of Management Perspectives, 9(4), hal. 49–61. doi: 10.5465/ame.1995.9512032192.

Christensen, C. M. (2001) The past and future of competitive advantage, MIT Sloan Management Review; Winter.

Dijkman, J. (2018) MARKET ORIENTATION from Shaping Medieval Markets: The Organisation of Commodity Markets in Holland, c. 1200 - c. 1450 on JSTOR.

Djodjobo, C. V. dan Tawas, H. N. (2014) “PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA NASI KUNING DI KOTA MANADO,” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), hal. 1214–1224. doi: 10.35794/emba.v2i3.5800.

Ferdinand (2000) Ferdinand: Manajemen pemasaran: Sebuah pendekatan stratejik.

Ferdinand, A. (2002) “KUALITAS STRATEGI PEMASARAN: SEBUAHSTUDI PENDAHULUAN,” JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA, 1(1), hal. 107–119. doi: 10.14710/jspi.v1i1.107-119.

Hartanty, I. T. dan Ratnawati, A. (2013) PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI OPTIMALISASI KEUNGGULAN BERSAING, EKOBIS.

Hasan, A. (2010) Hasan, ALI. 2010. Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia, Ghalia Indonesia.

Kiuk, J. W. (2006) “KINERJA PEMASARAN : ANTESEDENS DAN KONSEKUENSI SEBUAH MODEL TEORETIKAL DASAR,” JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA, 5(1), hal. 1–40. doi: 10.14710/jspi.v5i1.1-40.

Kotler, P. et al. (2011) “Principles of marketing: An Asian perspective,” Research Collection Lee Kong Chian School Of Business. Tersedia pada: https://ink.library.smu.edu.sg/lkcsb_research/6449.

Mazaira, A., González, E. dan Avendaño, R. (2003) “The role of market orientation on company performance through the development of sustainable competitive advantage: The Inditex-Zara case,” Marketing Intelligence & Planning, 21(4), hal. 220–229. doi: 10.1108/02634500310480103.

Merakati, I. et al. (2017) “Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran,” Journal of Economic Education, 6(2), hal. 114–123. doi: 10.15294/jeec.v6i2.19297.

Nasution, H. (2004) “Konsep, Relevansi dan Konsekuensi, Usahawan, No.06 Th XXXIII Juni, Hal 3-9,” http://repository.wima.ac.id.

Permadi, M. (1998) “PENGEMBANGAN KONSEP MARKET PERFORMANCE,” Journal of Indonesian Economy and Business (JIEB), 13(3). Tersedia pada: https://jurnal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39576.

Porter, M. (1992) Keunggulan bersaing: menciptakan dan mempertahankan kinerja unggul.

Porter, M. E. (1985) “Technology and Competitive Advantage,” Journal of Business Strategy, hal. 60. doi: 10.1108/eb039075.

Putranto, S. E. (2003) “Studi Mengenai Orientasi Strategi dan Kinerja Pemasaran,” ejournal.undip.ac.id.

Ruekert, R. W. (1992) “Developing a market orientation: An organizational strategy perspective,” International Journal of Research in Marketing, 9(3), hal. 225–245. doi: 10.1016/0167-8116(92)90019-H.

Setiawan, H. et al. (2012) “PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI TEKNOLOGI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING USAHA SONGKET SKALA KECIL DI KOTA PALEMBANG,” jurnal.polsri.ac.id. Tersedia pada: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/admniaga/article/download/160/97.

Sumarwan, U., Fachrodji, A. dan Nursal, A. (2011) “Pemasaran Strategik Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja,” IPB (Bogor Agricultural University). Tersedia pada: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/42678.

Suyanto, M. (2003) “Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing.” Tersedia pada: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=3uAMIBpFfoUC&oi=fnd&pg=PA255&dq=keunggulan+bersaing&ots=_HcmlF1HNq&sig=kvEodsLZg5e7ku17swfnlBGawpA.

Taufik, T. (2018) KEUNGGULAN BERSAING UKM YANG DIPENGARUHI OLEH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK Need to cite this paper? Want more papers like this? Tersedia pada: http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jpw (Diakses: 7 Mei 2021).

Utaminingsih, A. (2016) “Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara,” jurnal.untagsmg.ac.id, 31. Tersedia pada: http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/view/411.